Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Mata Kuliah Filsafat: Hermeneutika

hermeneutikaMembahas persoalan yang terkait dengan upaya menggali, memahami dan menginterpretasi makna teks. Hermeneutika sebagai studi tentang prinsip metodologis interpretasi dan eksplanasi. Pemahaman yang menyangkut seluruh lingkup pengalaman hidup manusia, yang terungkap dalam bahasa, baik implisit mau pun eksplisit. Hermeneutika membuka dan menawarkan insights, wawasan baru yang bersifat holistik tentang kenyataan.

Dalam hermeneutika, pemahaman bukanlah proses mekanik dan bukan pula ilmiah, melainkan teknologi menyusun kembali pemikiran orang lain melalui interpretasi. Tugas hermeneutika meliputi; mengenali dunia teks atau kenyataan yang dibahasakan oleh teks, pemahaman teks, mencari dinamika internal yang mengatur struktur kerja dalam teks, mencari potensi dalam kerja teks itu untuk memproyeksikan diri ke luar dan memungkinkan esensi teks itu muncul ke permukaan. Isu sentral yang dibicarakan dalam perkuliahan hermeneutika antara lain; Interpretation, Hermeneutical circle, Verstehen, Deconstruction, Fusions of horizons.

Pemikiran para tokoh hermeneutika yang dikaji dalam perkuliahan ini antara lain; Schleirmacher, W.H. Dilthey, Gadamer, Heidegger, Paul Ricoeur, Derrida. Ada pun daftar pustaka yang menjadi referensi dalam pembelajaran hermeneutika antara lain:

  • Caputo, J.D., 1987, Radical Hermeunetics, Indiana University Press, Indianapolis.
  • Palmer, R.E., 2003, Hermeneutika: Teori Baru Mengenai Interpretasi, Penerjemah: Musnur dan Damanhur, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
  • Sumaryono, 1993, Hermeneutik: Sebuah Metode Filsafat, Kanisius, Yogyakarta.
  • Poespoprodjo, W., 1985, Hermeneutika Filsafati: Relevansi dari beberapa Perspektifnya Bagi Kebudayaan Indonesia, Disertasi Universitas Padjajaran, Bandung.
  • Szabo, Nick, Hermeneutics: An Introduction to the Interpretation of Tradition, http://szabo.best.vwh.net/hermeneutics.html

Ya, seperti itulah kira-kira kalau mempelajari hermeneutika. Banyak literatur unik yang bisa dipelajari, selain itu dikarenakan hermeneutika belum dikenal secara populer maka artikel dalam bahasa Indonesia masihlah sedikit.

Artikel di atas memiliki 4 tanggapan. Klik tombol berikut untuk membuka form tanggapan.

* Wajib diisi.

  • attayaya
    pukul 03:42

    hmmmmm berubah timplet lagi ya

    • aprillins
      pukul 04:28

      dari mana berubah timplet!!??

  • anda
    pukul 23:53

    🙂 ini yang mantap… sperti yang disarankan ibu jamilah amin…..

  • Muckeymutz
    pukul 22:25

    ini aliran filsafat tapi dipelajari dalam mata kuliah kajian prosa yah? bgung dengan kaitannya. tugasnya mlah kasih tanggapan mengena hermeneutika, gmana coba?? duh…
    sebenarnya secara sederana hermeneutika itu apa y? fungsinya ap? digunakan pada jenis prosa seperti apa? bingung bingung 🙁