Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Acer 5310 Celeron Mulai Rusak Error

Kira-kira hampir dua tahun laptop Acer seri 5310 ini menemaniku dengan setia. Laptop bermerek Acer ini memiliki processor yang cupu yaitu Intel Celeron M Processor 520 dengan spesifikasi 1.6 GHz, 533 MHz FSB, dan 1 MB L2 Cache. Awalnya laptop cupu ini hanya memiliki memori 512 MB, wah sangat sulit sekali untuk ditoleransi kelemotannya dan kelemahannya kalau berpindah-pindah dari program berat satu ke program berat yang lainnya misalnya saya buka Photoshop CS2 lalu buka Microsoft Word 2007 dan membuka Mozilla Firefox. Kalau sudah terbuka semua memang enteng, tetapi ini hanya berlaku apabila hanya berkutat pada satu program saja misalnya saya hanya memakai Mozilla Firefox saja tanpa menghiraukan Photoshop dan Microsoft Word tadi dalam keadaan terbuka. Tetapi ketika saya mulai berpindah fokus ke program lain misalnya Photoshop.. Oh my GOD sungguh terasa beratnya.

Satu tahun saya memakai RAM sebesar 512 MB ini dengan penderitaan yang lumayan. Oh iya kenapa Photoshop CS2? Bukannya ada CS3? Hal ini dikarenakan CS3 mengharuskan orang menggunakan RAM minimal sebesar 1 GB sedangkan punya saya cuma 512 MB. Karena saya rasa memerlukan upgrade RAM akhirnya saya upgrade juga menjadi 2 GB + 512 MB jadinya 2,5 GB. Wow bisa ya? Ya bisa donk. Dengan ini akhirnya laptop Acer saya ini bisa meringankan beban hidup yang saya derita selama ini. Kok, nyadarnya lama banget ya? :))

Setelah mengupgrade RAM saya semakin sering dan betah memainkan game online bernama Tantra. Dikarenakan jalannya sudah tidak patah-patah lagi dan bisa membuka 2 game sekaligus, menyenangkan bukan? Dalam beberapa bulan saya terus memainkan Tantra dengan durasi yang cukup banyak bagi laptop saya, seringkali saya tinggalkan laptop saya dalam keadaan menyala ketika saya kuliah. Yah, minimal laptop ini hidup selama 24 jam lah.. Itu minimal dan maksimalnya udah pernah 3 hari sih. Nah pada saat itu belum kenapa-napa, tetapi saat ini mulai menunjukkan perjuangan yang mulai melemah.

Melemahnya di mana? Begini, ketika saya menghidupkan laptop memang keadaannya biasa-biasa saja, namun apabila membuka banyak program dengan memakai resource processor yang banyak, maka laptop mulai terasa panas, panas sekali. Tidak seperti dulu yang adem ayem saja ketika menggunakan banyak program. Hal ini (kepanasan) membuat kinerja processor dan VGA menjadi lemah, sehingga apabila mulai panas maka program yang sedang dijalankan beserta kroni-kroninya menjadi lemot, suka patah-patah, kadang malah ngehang. Saya pikir dengan membeli fan tambahan dapat mengatasi hal ini tetapi belum saya coba karena belum punya uang heuheueheueuh.. padahal tadi baru makan di KFC, heuheueh.

Saya berencana untuk membeli laptop baru tetapi karena keterbatasan dana, maka hal ini saya urungkan dulu dan tetap setia pada laptop yang telah lama menemaniku belajar, mempelajari pemrograman, dan menyimpan banyak kenangan. Entah kapan data-data di laptopku ini migrasi ke cangkang yang baru alias laptop baru heehhe 🙂

Artikel di atas memiliki 12 tanggapan. Klik tombol berikut untuk membuka form tanggapan.

* Wajib diisi.

  • aprillins
    pukul 13:13

    gw pertamax duluan.. keoekoekoek :))

  • quinie
    pukul 23:48

    huuuuuuuuu curanggg takut gua embat ya pertamaxnya?
    tetep ajah gua pertamax 😛

  • quinie
    pukul 23:53

    awas ajah kalo laptop lemod jadi alasan supaya skripsinya mundurrrr…

  • aprillins
    pukul 10:49

    hix… ternyata proposal skripsi saya hilang ke format hardisknya waktu install ulang.. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  • inuel
    pukul 14:19

    hmmmmmmmmmm ,,makanya klo ditinggal di matiin dulu,,xixiix sok tau ni akuh 😛 peace yah kehehehhe,, klo meletus gmn ,malah ngga ada yang nemenin !!

  • ditter
    pukul 08:32

    Proposal skripsinya hilang???? Malang sekali nasib mu nak.. Hwahahahahaha….

  • RoNa
    pukul 01:58

    KEn.. ada midnight sale tgl 18 juli besok mule jam 8 mpe jam 1 malem , di Computa.. dateng ajah.. cuci gudang mrk

  • attayaya
    pukul 11:14

    wah aku juga celeron neh
    coba upgrade ke lenovo ato toshiba
    eh… ini barti ganti baru dong
    hehehehe

  • seti@wan
    pukul 08:01

    Aku juga ngenet cuman pake laptop jadul nih prill… makanya ngos2an

  • quinie
    pukul 17:25

    lah? jadinya gimana ntu skripsi?

  • quinie
    pukul 17:27

    btw, ym gua hang mulu kalo pake webcam. ngapa ya?

  • JoOZ
    pukul 21:51

    wahhh kasian amat lap top_na…. diforsir terus sih hohohohoho…