Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Solusi Error 27 Cannot Lock Drive Partition Magic

Hari ini saya mendapat pengalaman baru lagi-lagi tentang partisi mempartisi hardisk. Tadi pagi saya menerima SMS dari seorang teman SMU yang sama-sama kuliah di kampus yang sama. Isi SMS teman saya itu adalah tentang mempartisi hardisk dia. Oke lah tidak terlalu makan banyak waktu dan tenaga. Tinggal install partition magic di laptopnya dan utak atik, beres! Nah ternyata pada malam hari ini terjadilah hal yang aneh pada Laptop Compaqnya. Waduh kok begitu saya setting untuk merize tidak bisa? Malah ada tulisan error

Error 27 Cannot Lock Drive C:\

Wew ada apa gerangan. Berbagai macam cara saya coba dari format ulang unallocated free space sampai menjadikannya real hard drive meski pun cuma seukuran installer winamp yaitu sekitar 7 Mb. Walah tetap saja tidak berhasil. Wah saya berasumsi bahwa ini adalah kesalahan hardisk. Sebelumnya saya juga lihat ada drive D:\ yang menyimpan manual recovery pada laptop Compaqnya. Wah langsung saja saya coba menuju utility untuk mendefrag disk C:\ atau dengan caranya yaitu klik kanan drive C:\ lalu klik properties, lalu pada tab tools, klik defragment, ya sudah begitu keluar tampilannya silakan pilih drive yang ingin didefrag lalu klik defragment.

Oke ternyata setelah tahap analyzing kelihatan bahwa merah-merah merajalela pada disknya yaitu banyaknya fragmented files.. ohohohoho.. wah tampaknya ketemu masalahnya. Teman saya pun sambil main counter strike menunggu selesai defragment selesai. Ternyata sudah setengah 9 malam, dan pacar saya sudah SMS untuk pergi makan malam. Ya sudahlah kebetulan teman saya juga mau pulang, akhirnya saya tinggal saja laptop teman saya itu di dalam kamar dalam keadaan defragmenting.. euheuehue.. ternyata 40 menit saya makan dan kembali ke kos bersama pacar saya, defragmentation belum selesai.. wah.. sial..

Saya tunggu beberapa puluh menit lagi sambil facebookan dikit. Akhirnya selesai juga namun masih ada merah merah dan akhirnya saya defrag kembali. Sampai akhirnya biru padat dan tidak ada merah2nya lagi. Oke saatnya menguji hipotesis saya dengan membuka kembali partition magic 8.0 dan setting kembali drive C:\ untuk saya bagi dua dengan drive yang akan dibuat. Okeeeee

Begitu saya restart! jeng jeng… deg degan juga.. saya tunggu prosesnya sampai 100% ugghh lama sekali.. takutnya ga berhasil.. ehhh ternyata berhasil.. akhirnya bisa juga dibuat drive baru.. setelah berbagai macam cobaan saya rintangi. Sekian troubleshooting dari saya, besok masuk pagi .. hoho :))

Artikel di atas memiliki 9 tanggapan. Klik tombol berikut untuk membuka form tanggapan.

* Wajib diisi.

  • quinie
    pukul 17:52

    duh malem2 kok trouble shooting sih? hepi ending ga?
    baca duyu deh

  • quinie
    pukul 17:55

    ow… lagi sibuk partisi toch.. emang beda ya partisi HD PC biasa, ama HD laptop?

  • attayaya
    pukul 09:27

    defrag dan bersih2 seharusnya dijadikan pekerjaan rutin minguan ato 2 mingguan
    minimal 2 bulan sekali d
    selamat atas keberhasilan memecahkan laptop
    eh… masalahnya

  • attayaya
    pukul 09:28

    karena dah 2 hari ga kemari
    langsung ambil bonus spam 2-3 kali

  • quinie
    pukul 00:08

    @ rosmana : sayah juga baru kok 😀

  • ayah
    pukul 04:13

    Saya dah coba, tapi masih ada masalah, muncul kata2 seperti ini

    Klo dibahasa Indonesi-in, ada 3 programyang masih pending.

    Bgm ya?
    Masih gak bisa partisi neh…
    makasih bantuannya…

    YM. abdul_azis80@yahoo.com