Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Pisau Cukur Occam Bagian 1

Occam mungkin merupakan jenis alat cukur yang paling dikenal di dunia ilmu pengetahuan daripada alat cukur lainnya. Ini dikarenakan Pisau Cukur Occam digunakan tidak untuk mencukur jenggot. Pisau cukur ini digunakan untuk mencukur suatu teori. Saya akan memberikan contoh.

Suatu perhitungan matematika a+a=2a jika dibandingkan dengan teori a+a=a+((a*ab)/a)-b+a. Kedua persamaan ini maksudnya sama namun persamaan yang pertama tentu saja lebih nyaman dari persamaan yang kedua. Persamaan kedua sangat boros dan tidak perlu. Sebuah teori bisa saja menjadi rumit di luar keperluan, dan itu artinya tidak perlu.

Perumpamaan yang kedua adalah penjelasan fisika dalam sebuah percobaan billiard. Kenapa bola nomor satu bisa masuk ke dalam lubang, penjelasannya bisa saja “Bahwa bola nomor satu masuk ke dalam lubang karena bola  putih menyundul bola hitam lalu dengan demkian sesuai dengan nomor keberuntungan gerak planet-planet menyusun kemungkinan menggerakkan seorang leprechaun untuk menyundul bola nomor satu.” atau penjelasannya bisa “Karena bola nomor satu ditabrak bola putih.”

Dalam sebuah penjelasan ilmiah bisa saja sebuah teori menjadi rumit di luar kepatutan. Sebagai contohnya adalah teori heliosentris, bahwa matahari bumi dan bulan berputar mengelilingi matahari. Sebenarnya dalam ruang kosong mutlak dan karena gerak relatif maka sebenarnya tidak masalah apakah bumi mengelilingi matahari, matahari mengelilingi matahari atau malah mengelilingi bulan sekalian. Semua bisa saja terjadi.

Sayangnya teori bahwa benda-benda langit mengitari bumi (geosentris) memiliki banyak permasalahan. Misalnya gerakan planet-planet yang memerlukan berbagai penjelasan tambahan agar gerakannya bisa pas dengan teori geosentris. Sebaliknya teori Heliosentris hanya membutuhkan sedikit penjelasan mengenai perputaran planet-planet ini. Maka para ilmuan lebih memilih pada teori heliosentris. Sebenarnya teori Heliosentris dan Geosentris sama-sama mungkin dikembangkan bahkan Lunarsentris, tapi coba bayangkan kerumitan yang muncul ketika mengembangkan teori Lunarsentris. Di sinilah pisau Occam bekerja.

Bersambung….

Sumber Bacaan:

  • How Occam’s Razor Works by Josh Clark http://science.howstuffworks.com/innovation/scientific-experiments/occams-razor.htm
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Ockham%27s_razor
  • http://pespmc1.vub.ac.be/occamraz.html
  • http://math.ucr.edu/home/baez/physics/General/occam.html

Artikel di atas belum ada komentar. Jadilah komentator petama di artikel ini..

* Wajib diisi.