Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Teori Ketidaklengkapan Kurt Godel

Ada sebuah anekdot yang mengatakan pada suau hari Kurt Godel dikenalkan pada sebuah Mesin Kebenaran Universal. Mesin ini diharapkan dapat menjadi mesin yang bisa menjawab semua pertanyaan. Kurt Godel yang dikenalkan ke mesin itu kemudian tersenyum kecil. Godel kemudian menulis suatu pemrograman pada mesin. Pemrograman itu bertuliskan “Mesin ini sesuai dengan kerja program tidak akan menyatakan kalimat ini benar.” kita nyatakan kalimat ini G. Dengan kata lain G = “Mesin ini tidak pernah menyatakan G itu benar.”

Kemudian tertawa penuh kemenangan Kurt Godel menanyakan kepada mesin kebenaran universal apakah G benar atau salah. Kalau mesin menyatakan G itu benar maka “MKU tidak akan menyatakan G sebagai benar” itu salah. Jika “MKU tidak akan menyatakan G sebagai benar” salah maka G salah (karena G = ‘MKU tidak akan menyatakan G sebagai benar”). Jadi jika MKU menyatakan G benar berarti G pada dasarnya salah, dan MKU membuat pernyataan salah. Jadi MKU tak akan menyatakan G benar, karena MKU hanya membuat pernyataan dengan benar.

Karena MKU menyatakan G sebagai salah kita tahu bahwa G itu benar karena pernyataan bahwa MKU ‘tidak akan menyatakan G sebagai benar’ itu benar. Godel berkata “Aku tahu kebenaran yang MKU tidak bisa katakan, aku tahu G benar, KMU tidaklah Universal.

Teori Ketidaklengkapan Godel adalah sebuah teori ciptaan Kurt Godel pada 1931. Secara garis besar Godel menjelaskan bahwa pertama bahwa ‘Semua teori yang dibuat dengan baik yang mampu menggambarkan aritmatika dasar tidak bisa konsisten sekaligus sempurna.’ yang kedua ‘Tiap semua teori T yang dibuat dengan efisien termasuk kebenaran aritmatika dasar dan beberapa teori mengenai pembuktian formal, T termasuk statemen dari yang termasuk konsistensi dalam dirinya jika dan hanya jika T tidak konsisten.” Sebuah teori matematika yang mencoba memiliki koherensi secara lengkap di dalam dirinya tidak pernah lengkap, walau bagaimanapun lengkapnya sebuah teori yang memiliki koherensi di dalam dirinya, maka akan ada satu kebenaran matematis yang berada di luar sistem.

Sumber Bacaan:

  • http://www.miskatonic.org/godel.html
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Godel%27s_incompleteness_theorems

Artikel di atas belum ada komentar. Jadilah komentator petama di artikel ini..

* Wajib diisi.