Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Kenapa Mencontek Dapat Merugikan Kita?

Kenapa mencontek sangat merugikan kita? Mencontek adalah satu kegiatan curang yaitu adalah melihat pekerjaan teman siswa lain dalam sebuah ujian. Tindakan ini sering kita dengar di sekolah-sekolah di Indonesia. Tindakan ini tentu saja menguntungkan karena kita tidak perlu menghabiskan energi kita untuk belajar dan kita bisa mendapat nilai yang baik. Jika dilihat dari sudut pandang ilmu ekonomi maka hal ini adalah yang paling baik. Usaha sekecil-kecilnya dan hasil sebesar-besarnya.

Lagipula andai orang yang kita mintai contekan setuju maka kita tidak akan mengganggu orang lain. Apalagi apabila seluruh teman sekelas setuju. Apalagi dengan guru yang setuju. Dengan demikian mencontek tidak akan mengganggu siapapun. Jika kita semua setuju untuk mencontek maka mencontek bukanlah hal yang salah. Andai ada orang yang tidak mencontek dan tidak mau memberi contekan kita tidak menggangu mereka, apa salahnya mencontek.

Jika kita mengesampingkan masalah curang, yang mana merupakan konsep yang tidak jelas karena pendidikan bukanlah kompetisi (Ataukah memang demikian). Apakah ada alasan lain kenapa mencontek itu merupakan perbuatan yang merugikan.

Ujian, merupakan suatu alat pengukuran kemampuan diri sendiri. Orangtua dan negara membayar untuk itu. Bahkan anak-anak membayar untuk itu (Jika uang yang digunakan hasil hutang.) Ujian merupakan sarana untuk menguji kemampuan kita setelah belajar sekian lama di sebuah perguruan. Dengan demikian mencobntek merupakan usaha untuk menipu diri sendiri mengenai kemampuan dirinya. Kita jadi tidak bisa mengetahui kemampuan diri sendiri. Denagn kata lain mencontek merugikan diri sendiri.

Tujuan pendidikan adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa. Memang dalam mencontek diperlukan kemampuan kemampuan tertentu. Sayangnya kemampuan ini juga menjadi tumpul apabila sekolah tidak memberikan pengawasan dan aturan yang ketat soal itu. Mencontek lebih merugikan daripada menguntungkan. Memang bisa menguntungkan dalam jangka waktu yang tidak lama. Namun demikian kita jadi kehilangan kesempatan untuk mengetahui kemampuan diri dan mengembangkannya.

Artikel di atas memiliki 5 tanggapan. Klik tombol berikut untuk membuka form tanggapan.

* Wajib diisi.

  • mulyonoaja
    pukul 22:31

    mencontek itu lebih karena kurangnya kemampuan apa kurang kemauan ya? 🙂

  • Azzam kafie
    pukul 10:17

    haduh, jadi inget masa-masa sekolah

  • glaydenty
    pukul 12:16

    saya suka mencontek, tapi saya ga merasa rugi. karena yang saya contek materi yang benar-benar saya tidak mengerti.

  • Syifa
    pukul 19:10

    Milikilah niat untuk sama sekali tidak menyontek, tidak ada kata terlambat.

  • jelly gamat gold g
    pukul 09:48

    Karena dengan mencontek akan menumbuhkan sikap malas, dan tidak mau berusaha