Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Biografi Paul Feyerabend

Paul Feyerabend(fI-er-ah-bent)  lahir tahun 1924 di Vienna. Dia lahir dari seorang pegawai negeri dan seamstress. Dia sering membaca dan tertarik kepada teater. Dia juga belajar menyanyi. Ketika lulus pada 1942 dia kemudian ditugaskan di Arbeitsdienst (Jenis kerja yang diperkenalkan oleh Nazi).oleh Jerman.

Setelah pelatihan di Pirmasens, Jernan dia ditugaskan di dalam unit Quelen en Bas di Prancis. Dari Desember tahun 1943 dia menjadi petugas di bagian utara Front timur, dia menjadi letnan. Pada masa Jerman mundur dari tentara Rusia, Feyerabend terkena tiga tembakan peluru. Peluru itu terkena di tulang punggung menyebabkan dia harus selalu berjalan dengan tongkat seumur hidupnya.

Pendidikannya setelah perang beragam dan tidak biasa. Dia belajar di akademi musik Vienna, dia juga belajar fisika, sejarah dan astronomi di Universitas Vienna. Pada 1952 dia pindah ke london dan menghadiri seminar dari Karl Popper di sekolah Ekonomi London. Pada masa ini dia sangat terpengaruh pada pemikiran Karl Popper.

Pada tahun 1955, Feyerabend mengajar di Universitas Bristol di Inggris. Dia mengajar filsafat ilmu. Setelah itu dia kemudian mengajar di banyak tempat seperti Berkeley, Auckland, Sussex, Yale, London, Berlin dan ETH Zurich. Pada masa inilah dia menjadi kritis dalam pandangannya terhadap filsafat ilmu. Pendapatnya ini menjadi ‘anarkistis’ dan ‘dadaistis’. Dia kemudian bertemu Imre Lakatos, dia berencana membuat suatu kolaborasi dengan Lakatos dimana Lakatos akan mempertahankan pandangan rasionalis dan Feyerabend akan menyerangnya. Sayangnya, hal ini tidak terjadi terutama karena kematian Lakatos. Walaupun demikian Feyerabend menulis buku yang berisi kritik terhadap metodologi yang berjudul Againts Method. Review buku ini yang sangat negatif membuat Feyerabend jatuh dalam depresi. Walau demikian dia masih merupakan kontroversialis hingga akhir masa hidupnya. 11 February 1994 Feyerabend meninggal di Genolier clinic (Genolier, Canton of Vaud, Switzerland).

Sumber Bacaan:

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Paul_Feyerabend
  • http://plato.stanford.edu/entries/feyerabend/
  • http://pagerankstudio.com/Blog/2011/05/paul-karl-feyerabend-biography/

Artikel di atas belum ada komentar. Jadilah komentator petama di artikel ini..

* Wajib diisi.