Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Tesis Duhem-Quine

Tesis Duhem-Quine adalah salah satu pernyataan yang mendukung ketidakpastian dalam ilmu pengetahuan. Sebenarnya tesis ini tidak diciptakan oleh dua orang secara bersamaan dalam satu waktu. Namun pertamakali diusulkan oleh Piere Duheim. Piere Duheim adalah seorang fisikawan prancis dari akhir abad. Kemudian tesis ini juga disetujui oleh filsuf abad keduapuluh WVO Quine. Sebenarnya Duheim membatasi tesis ini di fisika, sedang Quine menerapkannya dalam bidang yang lebih luas.

Tesis ini menunjukkan suatu ketidakpastian dalam ilmu pengetahuan. Idealnya dalam sebuah pengetahuan sebuah hipotesis dalam ilmu pengetahuan bisa dinyatakan salah atau benar dari sebuah percobaan. Sebuah hipotesis misalnya kemudian bisa disalahkan atau bisa dibenarkan dari percobaan itu dan setelah itu sebuah teori bisa ditentukan benar atau salahnya. Dengan demikian kepastian ilmu bisa dijamin.

Namun tidak demikian sebenarnya. Ini disebabkan karena sebuah teori didukung oleh argumen-argumen pendukung di dalamnya. Sebuah teori tak bisa dilepaskan begitu saja dan di isolasi dari argumen pendukung. Sebuah hipotesis tidak bisa dilepaskan dari sebuah kumpulan teori besar, kemudian di tes secara tersendiri terpisah dari teori-teori pendukung lain kemudian di salahkan atau dibenarkan dalam sebuah hipotesis. Kalaupun hal itu dilakukan, maka kesalahan biasanya tidak terjadi dalam teori itu, namun kesalahan bisa terjadi di teori-teori pendukung yang lain. Bisa jadi ada sebuah perhitungan dari x yang salah atau pernyataan y tidak benar.  Teori itu sendiri tidak bisa langsung dinyatakan salah. Ini karena sebuah percobaan didasari oleh asumsi-asumsi yang melatarbelakanginya.

Dengan tesis ini ditunjukkan bahwa sebuah teori secara kesimpulan bisa disalahkan namun tidak bisa memisah sebuah hipotesis dan mengujinya secara terpisah dari teori lainnya. Misalnya kita tidak bisa menyalahkan teori bahwa bumi berputar dengan melihat bahwa burung tidak terlempar dari pohonnya saat melepas batang. Ada banyak asumsi lain yang mendukung di dalam teori itu.

Dengan demikian maka ilmu tidak bisa secara konklusif disalahkan atau dibenarkan. Ini memberi ruang keraguan pada sains.

Sumber Bacaan:

  • http://everything2.com/user/Two+Sheds/writeups/Duhem-Quine+Thesis
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Duhem%E2%80%93Quine_thesis
  • http://everything2.com/title/Duhem-Quine+Thesis

Artikel di atas belum ada komentar. Jadilah komentator petama di artikel ini..

* Wajib diisi.