Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Falsifikasionisme (3) – Problema Verifikasi Tentang Percobaan

Sebagai contohnya dalam penelitian ilmiah dalam pelajaran-pelajaran di Indonesia. Mereka mengajarkan untuk melakukan penelitian yang benar untuk mengkonfirmasi sebuah teori. Andai saja ada yang berbeda dari teori dalam percobaan itu, yang salah bukan teori namun percobaannya.

Misal dalam percobaan membedah seekor katak, seorang murid SMU yang melihat perbedaan percobaannya daripada buku diktat biologinya, bisa jadi dia mencocok-cocokkan hasil percobaannya dengan buku diktatnya. Memang dalam pelajaran SMU bisa jadi ini sah, karena mengajarkan bagaimana melakukan percobaan dengan benar, dan kesalahan-kesalahan percobaan memang kemungkinan besar bisa terjadi. Namun dalam rangka sebuah penelitian ilmiah yang sah dari seorang ilmuan sepenuhnya, hal ini bisa menyebabkan ilmu menjadi tidak berkembang, dan kadar kepastiannya menjadi menurun.

Percobaan Ilmiah

Problema yang kedua adalah problema dalam percobaan. Problema ini mengenai problema induksi yang sudah ada sejak lama. Dalam sebuah percobaan seseorang mengumpulkan sample. Sampel adalah bagian dari keseluruhan objek yang diteliti oleh subjek peneliti. Banyak alasan kenapa peneliti membutuhkan sampel.

Salah alasan keberadaan sampel sangat mudah dilihat. Ada aknedot dari seorang anak yang diperintahkan untuk membeli korek api di toko, dia diperintahkan untuk memastikan korek api itu menyala. Karena dia diperintah demikian dia menyalakan seluruh korek api di kotak korek api untuk memastikannya menyala. Ini adalah problema yang dihadapi seorang ilmuan. Ilmuan memiliki waktu dan dana yang terbatas dalam penelitian. Kalaupun dia memiliki waktu dan uang yang tidak terbatas, masih saja tidak efektif, tidak rasional dan tidak berguna untuk melakukan penelitian demikian.

Misalnya penelitian mengenai apakah semua logam memuai. Seorang peneliti mengumpulkan semua logam yang ada di jagad raya dan memuaikannya. Logam itu lebih baik dikumpulkan untuk tujuan lain seperti membuat konstruksi misalnya, dan ilmuan memiliki pekerjaan lain yang harus dilakukan misalnya menonton liga Champion di televisi.

 

Artikel di atas belum ada komentar. Jadilah komentator petama di artikel ini..

* Wajib diisi.