Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Fallibilitas Ilmu Dalam Alat Pengindraan

Ilmu tidak selamanya benar dan pasti. Ilmu yang sekarang kita percayai bisa saja besok bisa jadi hanya kebohongan. Pada zaman dahulu kala ada teori bahwa bumi itu datar. Sekarang teori itu hanya akan menjadi barang tertawaan. Ini karena kita menciptakan roket dan kita bisa melihat bumi dari jauh. Akhirnya teori bumi bulat jadi kepastian.

Bukan hanya teori yang menyebabkan perubahan radikal dalam pengetahuan kita. Salah satunya adalah alat. Dengan semakin bekembangan alat penglihatan maka sebuah persepsiĀ  mengenai objek bisa berubah total. Ini karena penglihatan manusia terbatas. Manusia tidak bisa melihat misalnya yang kecil dan yang jauh. Tidak semua gelombang juga bisa ditangkap oleh mata atau didengarkan oleh telinga.

Sebagai contohnya pergerakan benda langit. Pergerakan benda langit pada awalnya hanya menggunakan mata. Maka perbedaan perbedaan kecil tidak terlihat. Benda-benda langit bisa dikira mengelilingi bumi karena perbedaan yang amat sangat kecil itu. Setelah ditemukan teropong maka perbedaan kecil itu bisa dideteksi oleh mata manusia. Ini bisa menyebabkan perubahan teori dalam ilmu pengetahuan.

Kemunculan dan perkembangan alat ini bisa merubah teori yang tadinya dianggap salah kemudian dianggap benar. Alat-alat semacam teleskop, kamera, mikroskop dan alat-alat pengukur lainnya sangat berperan penting dalam ilmu pengetahuan. Teknologi ini terus dan terus berkembang. Jika teknologi itu berhenti masih ada kemungkinan esok teknologi baru ditemukan.

Jika dipikir baik-baik ilmu yang ada sekarang mungkin esok bisa berubah dengan munculnya alat-alat baru. Ilmu yang meragukan keberadaan hantu, tenaga dalam dan lain sebagainya mungkin saja besok berubah karena munculnya alat-alat baru yang bisa dengan menyakinkan mendeteksi keberadaan objek-objek ini atau dapat melihatnya dengan lebih baik. Misalnya roket yang bisa pergi ke galaksi jauh atau mesin waktu.

Maka muncullah masalah fallibilitas ilmu. Fallibilitas adalah kemungkinan bahwa ilmu salah. Kemungkinan ini selalu membayangi ilmu pengetahuan. Teori lama bisa digantikan oleh teori baru di esok hari. Teori yang sekarang bisa digantikan teori baru esok.

 

Pustaka – Chalmer – What is this called science?

Artikel di atas belum ada komentar. Jadilah komentator petama di artikel ini..

* Wajib diisi.