Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Paradoks Kakek (Grandfather Paradoks)

Paradoks Kakek atau lebih dikenal sebagai Grandfather Paradoks adalah suatu jenis paradoks yang berkaitan dengan penyelewengan prinsip kausalitas yang dilakukan karena keberadaan mesin waktu. Paradok ini mungkin akan sering anda temui di film dan sci-fi. Masalah ini juga adalah suatu paradoks yang membuat orang berfikir bahwa mesin waktu itu tidak mungkin ada.

Secara singkat kata paradoks nenek moyang bisa dikatakan demikian. Pada suatu hari seseorang telah menciptakan mesin waktu. Mesin waktu itu suatu mesin waktu yang sempurna, dengan demikian dia bisa pergi menjelajahi waktu ke tempat dan tujuan yang tepat. Dia yang memiliki mesin waktu ini merasa benci dengan kakeknya sendiri. Karena hal itu dia pergi menggunakan mesin waktu kemudian membunuh kakeknya.

Jika dipikir secara logis maka akan terjadi keanehan dalam sekuen kejadian ini. Andai saja sang penjelajah waktu pergi untuk membunuh kakeknya sendiri maka dia tidak akan pernah dilahirkan. Karena dia tidak pernah dilahirkan maka dia tidak pernah pergi menggunakan mesin waktu dan membunuh kakeknya. Karena itulah jika dia membunuh kakeknya maka dia tidak membunuh kakeknya.

Paradoks ini sering kali dirujuk dalam masalah penjelajahan waktu. Karena perbuatan ini menyalahi sebab dan akibat karenanya sering ini dirujuk untuk menjadi suatu keberatan keberadaan mesin waktu. Mesin waktu tak mungkin ada karena menyalahi hukum sebab akibat. Soulsi lain dari paradoks ini adalah bahwa memang sang penjelajah waktu bisa kembali ke masa lalu namun bagaimanapun caranya dia tak bisa membunuh kakeknya.

Solusi yang sering ditunjukkan oleh fiksi ilmiah adalah bahwa andai saja pergi kemasa lalu dan membunuh kakeknya maka dia akan mengubah arah masa lalu. Perbuatan ini bisa dilakukan. Mungkin dengan suatu konskuensi bahwa sang penjelajah waktu sendiri menghilang dari eksistensi.

Walaupun demikian kita masih belum bisa membuktikan yang manakah yang benar karena kita masih tidak memiliki mesin waktu. Sebuah Paradoks hanya akan menjadi dugaan pikiran dan pembuktian paling baik adalah dengan eksperimen. Rasanya kita belum akan mendapat mesin waktu dalam waktu dekat ini. Kecuali Jhon Titor benar.

Sumber Bacaan:

  • http://www4.ncsu.edu/~carroll/time_travel/grandfather.html

Artikel di atas belum ada komentar. Jadilah komentator petama di artikel ini..

* Wajib diisi.