Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Sejarah Fisika: Pendahuluan Yunani Kuno

Untuk memahami mengenai filsafat ilmu seseorang  harus mengetahui sejarah ilmu itu sendiri. Dan ilmu yang dalam bentuk pada masa awalnya adalah ilmu alam. Ilmu alam yang pertama kali memiliki bentuk definitif ilmu. Saya akan membahas ilmu fisika karena dalam menurut saya dalam ilmu fisika memiliki pengaruh sangat besar dalam bagaimana kita memandang dunia.

Pandangan mengenai ilmu alam sudah lama menjadi bidang ketertarikan para filsuf alam. Bahkan filsuf yunani kuno yang paling awal yang kita kenal juga memiliki pandangan khusus mengenai alam. Pada masa itu filsuf alam lebih memfokuskan diri pada pencarian arkhe.

Arkhe adalah suatu dasar pembangun dari segala hal di dunia ini. Alam dipandang sebagai blok Lego. Suatu permainan susun pasang yang akhirnya membentuk alam semesta. Blog lego itulah yang disebut Arkhe. Arkhe sebagai penyusun segalanya di dunia ini. Maka pencarian dasar Lego dimulai.

Ada dua jenis pendapat mengenai sifat dasar bahan dasar ini. Yang pertama adalah yang berbahan dasar satu dan yang kedua adalah yang berbahan dasar banyak. Mereka yang menganut bahwa Arkhe hanya satu percaya bahwa ada satu jenis lego (Kotak merah misalnya) untuk membangun segala jenis benda di jagad raya ini. Sebaliknya Filsuf yang mempercayai bahwa Arkhe itu banyak percaya bahwa ada lebih dari satu jenis Lego. Bisa dua atau tiga jenis (berbeda bentuk dan Warna.)

Pencarian Arkhe ini mempengaruhi pemikiran para filsuf yunani pada masa awalnya. Dengan kata lain sebenarnya mereka jugalah para fisikawan dan ilmuan pertama. Tidak ada pemisah yang jelas mengenai hal ini karena pada masa dahulu belum ada pemisahan yang jelas antara ilmu satu dengan ilmu yang lain.

Selanjutnya kita akan bahas mengenai pemikiran para filsuf alam ini…

Artikel di atas belum ada komentar. Jadilah komentator petama di artikel ini..

* Wajib diisi.