Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Teori Jaringan-Aktor (Actor-Network Theory)

Teori Jaringan Aktor adalah pendekatan interdisipliner pada studi ilmu ilmu, ilmu sosial dan studi teknologi. Sebenarnya Teori ini berawal dari Michel Callon (1991) dan Bruni Latour (1992) di Centre de Sociologie de l’Innovation Ecole des Mines di Paris dan pengunjungnya (termasuk John Law). Teori Jaringan-Aktor atau Actor-Network Theory atau sering disingkat ATN berpendapat bahwa sebuah penemuan ilmiah tidak berasal dari satu orang tertutup saja. Namun demikian sebuah teori ilmiah berasal dari jaringan-jaringan baik suatu subjek maupun objek mati.

Pandangan ANT bisa dibilang berlawanan dengan pandangan Heroik mengenai perkembangan ilmu pengetahuan. Dalam ilmu pengetahuan seringkali ilmuan dipandang melakukan suatu tindakan heroik menemukan dan memajukan ilmu. Sebagai contohnya adalah Newton, Newton sering dikatakan sebagai “penemu” teori gravitasi. Seakan akan penemuan itu muncul begitu saja dalam sebuah ruang tertutup dan terpisah dari yang lain.

ANT memfokuskan diri dan memperhatikan faktor-faktor yang ada disekitarnya. Sebagai contoh : Pengalaman Galileo, kawan-kawan sesama ilmuan, hubungan dengan Astronomer Royal, Jhon Flamsteed, penggunaan Euclidean geometri, astronomi Kepler, Mekanisme Galileo, alat-alatnya, detail dari labnya, faktor budaya dan batas-batas yang diadakan baginya di lingkungannya dan berbagai hal teknis dan non teknis akan digambarkan dan dipertimbangkan dalam teori ANT.

ANT tidak menjelaskan kenapa ada Jaringan tetapi lebih tertarik pada infrastukturnya, bagaimana dia terbentuk dan rusak dan lain sebagainya. ATN memakai Principle of generated symmetry, dimana manusia dan non manusia digabungkan dalam sebuah framework konseptual yang sama. Hasilnya manusia dan non-manusia sering keduanya direferensi sebagai ‘actant’.

Kontrofesi dan profokasi karena gerakan ANT membuat Bruno Latour menegaskan ada empat kesalahan dalam ANT: kata Actor, Network, Theory dan hypen. Dia kemudian berceramah untuk meredefinisi term-term itu dan untuk menempatkannya pada diskursus yang dia bantu untuk ciptakan sendiri.

Sumber Bacaan:

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Actor_network_theory
  • http://www.learning-theories.com/actor-network-theory-ant.html
  • http://carbon.ucdenver.edu/~mryder/itc/ant_dff.html
  • http://www.iscid.org/encyclopedia/Actor-Network_Theory

Artikel di atas belum ada komentar. Jadilah komentator petama di artikel ini..

* Wajib diisi.