Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Uniformitarianisme

Uniformitarianisme adalah salah satu konsep penyatu dalam ilmu geosains. Konsep ini berkembang pada tahun 1700 akhir, menyatakan bahwa proses Katastrofik bukanlah yang bertanggung jawab pada bentuk bumi pada permukaannya. Ide ini berlawanan dengan ide dari masa itu. Ide pada masa itu berdasarkan pada penafsiran injil. Uniformiti menyatakan bahwa bumi berkembang dalam waktu yang sangat panjang melalui berbagai proses geologi dan geomorfik.

Pada sekitar abad ke tujuh belas, peneliti injil dan seorang Archbishop, James Usser menyatakan bahwa bumi diciptakan pada tahun 4004 BCE. Hanya pada sekitar satu abad kemudian James Hutton atau ayah dari geologi pada 1785, mengatakan bahwa bumi lebih tua dan muncul dalam proses yang proses yang terjadi sekarang adalah sama dengan proses yang terjadi pada masa yang lampau dan akan menjadi proses yang terjadi kemudian hari.


Kata Unifotmitarianisme pertama kali digunakan oleh William Whewell pada tahun 1832, dia adalah seorang pelajar di universitas Cambridge. Ini digunakan sebagai penjelasan alternatif menegnai asal mula bumi. Sebelumnya bumi dianggap tercipta karena akibat dari yang supernatural dan dipengaruhi oleh berbagai kejadian bencana seperti banjir dalam injil. Jenis Teori Ini disebut katastrofisme.
Pada tahun 1785 Hutton mempresentasikan pemikirannya di Royal Society of Edinburg, bahwa bumi memiliki sejarah yang panjang dan bisa diinterpretasikan melalui proses yang sekarang terlihat.  Pemikiran Hutton kurang dihargai komunitas ilmiah sampai tulisan Sir Charles Lyell tiga volume dari Principles of Geology. Teori uniformitarianisme juga penting membentuk ide dari bidang lain seperti dalam pekerjaan Charles Darwin dan Alfred Wallace mengenai asal mulai spesies bumi, uniformitarianisme yang diperluas hingga biologi.

Pada filsafat kealaman, uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum alam yang berlaku sekarang selalu beroperasi di jagad ini baik pada masa lampau maupun di tempat manapun di jagad ini. Uniformitarianisme pernah menjadi prinsip kunci di geologi, tetapi naturalisme geologi modern, walau menerima bahwa geologi muncul melalui waktu yang panjang, dia tidak lagi memegang prinsip gradualisme yang ketat.

Sumber Bacaan:

  • http://www.physicalgeography.net/fundamentals/10c.html
  • http://geography.about.com/od/physicalgeography/a/uniformitarian.htm
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Uniformitarianism

Artikel di atas belum ada komentar. Jadilah komentator petama di artikel ini..

* Wajib diisi.