Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Roboetik

Roboetik adalah etika terapan yang digunakan dalam bidang robotik. Itu adalah etika yang berpusat pada manusia dalam menuntun kala membangun, membuat, memperlakukan dan mempergunakan robot maupun AI.

Roboetik secara cepat menjadi salah satu dari bidang penting dalam ilmu dan teknologi. Ini dikarenakan sebentar lagi manusia akan hidup bersama dengan alat teknologi yang baru yaitu robot. Ini akan menjadi suatu kejadian yang penuh masalah. Ini pertamakalinya manusia mendekati tantangan untuk mereka ulang entitas yang cerdas dan mandiri. Ini membuat komunitas ilmuan untuk melihat lebih dekat mengenai konsep kecedasan dari sudut pandang Cybernetik.

Secara singkat, konsep kompleks seperti belajar, kesadaran, evaluasi, kehendak bebas, membuat keputusan, kebebasan, emosi dan yang lain sebagainya dianalisis. Ini memerlukan berbagai pengetahuan untuk membantunya seperti logika, linguistik, Neurosains, Psikologi, biologi, Fisiologi, Filsafat, Literatur, Sejarah Alam, Anthropologi, Art, Design. Roboetik memerlukan pengetahuan baik dari ilmu alam maupun humaniora.

Simposium Roboetik pertamakali diadakan di Sanremo Italia pada januari 2004. Disini istilah roboetik pertamakali digunakan. Simposium ini bertujuan untuk membuka debat diantara ilmuan dan peneliti dari ilmu alam dan humaniora. Ada tiga posisi etika yang muncul dari komunitas robotik.

  1. Mereka yang tidak tertarik dengan etika. Ini adalah sifat bagi mereka yang menganggap tindakan mereka teknis, dan merasa bahwa mereka tidak memiliki tidak memiliki tanggung jawab moral atau sosial atas kerja mereka.
  2. Tertarik dengan pertanyaan etis yang singkat. Mereka yang mengeksperskan dalam istilah baik dan buruk, dan mereka yang merujuk pada nilai kultural dan konvensi sosial
  3. Tertarik pada hal etis yang jauh ke depan. Sikap mereka yang mengekspresikan kepedulian etis dalam pertanyaan yang global dan jauh ke depan.

Sumber Bacaan:

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Roboethics
  • http://www.bukisa.com/articles/368656_roboethics
  • http://english.turkcebilgi.com/Roboethics

Artikel di atas belum ada komentar. Jadilah komentator petama di artikel ini..

* Wajib diisi.