Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Skala Mohs dalam kekerasan Science Fiction dari TvTropes.com

Ilmu pengetahuan dan Science Fiction mau tak mau berkaitan. Science fiction mengambil inspirasi dari sains, dan seringkali menjadi peramalan bagi perkembangan sains. Karena itulah sains fiction bisa menjadi sarana untuk membahas perkembangan sains. Kali ini saya ingin membahas mengenai Skala Mohs yang diambil dari TvTropes.Com.

Tv Tropes.com adalah suatu situs yang mendedikasikan dirinya untuk mengumpulkan tropes-tropes dalam karya-karya narasi dalam berbagai media. Tropes adalah alat-alat penceritaan yang digunakan dalam sebuah karya. Misalnya plot dan karakter dan menemukan suatu pola dari berbagai karya-karya narasi.

Dalam Tvtropes.com terdapat sebuah ukuran untuk mengukur Science Fiction. Skala ini dinamakan  Skala Mohs dalam kekerasan  Science Fiction. Nama ini diambil dari skala untuk mengukur kekerasan mineral. Skala scifi ini untuk menunjukkan tingkat kekerasan hubungan dengan kenyataan ilmiah. Ada sebuah karya fiksi yang jauh sekali dengan realitas, dan ada karya fiksi yang dekat sekali dengan realitas ilmiah dengan kata lain “kekerasan” kadar ilmiah-nya. Tingkatan dari skala ini adalah.

0. Sangat lemah : kadar ilmiah dalam karya semacam ini sangat lemah. Sering muncul elemen fantasi di dalamnya. Contohnya : Dragon ball, The Hitchhiker’s Guide To The Galaxy, Star Trek: Voyager:

1. Munculnya teknologi yang bisa melampaui hukum fisika. Sayangnya tidak dijelaskan bagaimana alat itu bekerja. Contohnya : Command & Conquer Tiberium series, macross.

2. Hukum fisika dilampaui dalam cara yang spesifik. Harapkan banyak disertasi mengenai fisika fiktif dan hukum internal yang konsisten. Contoh Babylon5, the Matrix, Back to the Future.

3. Keberadaan Kendaraan yang melampaui kecepatan cahaya. Kita telah berhasil melampaui Einstein. Yang lain dijustifikasi di bawah prinsip ilmiah yang diketahui. Contoh: Alien, Avatar, Enders game.

4. Tanpa perjalanan melampaui kecepatan cahaya. Perjalanan (tentunya sub kecepatan cahaya) terbatas pada perjalanan antar planet. Contoh : Cowboy bebop.

5. Terdapat elemen yang ada hanya pada tahap teoritis namun masuk akal. Tidak ada perjalanan melebihi kecepatan cahaya. Patlabor, Ghost in the shell.

6. Kehidupan nyata ditambah perjalanan antar ruang angkasa.  Ini sering kali merupakan perkiraan akan masa depan. Biasanya kekerasan kadar ilmiahnya diukur dari umurnya. Semakin baru scifinya maka semakin keras. Contoh :Moon, Planetes.

7. Seperti sekarang, namun beberapa teknologi yang menarik lebih efektif atau lebih mudah diakses.  Contoh : Metal Gear.

8. Kehidupan nyata.

Sumber Bacaan:

  • http://tvtropes.org/pmwiki/pmwiki.php/Main/MohsScaleOfScienceFictionHardness

Artikel di atas belum ada komentar. Jadilah komentator petama di artikel ini..

* Wajib diisi.