Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Siapa yang Berhak Mendapatkan Pendidikan?

Pendidikan bagaikan keharusan di zaman modern ini. Para orang tua menyekolahkan anaknya demi kesuksesan. Para orang tua berharap bahwa kelak nanti anaknya menjadi orang yang sukses, mandiri, dan sekaligus menjadi investasi berharga bagi mereka. Sangat benar bahwa kebanyakan dari orang tua zaman modern, apalagi di Indonesia, menjadikan anak sebagai investasi.

Orang tua sayang kepada anaknya sehingga mereka menyekolahkan anaknya meski pun anak tersebut tidak menyukainya. Mereka tidak ingin hidup susah, mereka ingin hidup maju dan sejahtera. Siapa pun ingin sejahtera. Oleh karena itu, pendidikan merupakan hak setiap orang dan bukan merupakan kewajiban.

Mengapa pendidikan bukan merupakan kewajiban? Jika tujuannya adalah sukses dan sejahtera maka pendidikan merupakan salah satu alat dalam meraih kesuksesan dan kesejahteraan. Banyak cara untuk menuju sukses dan sejahtera seperti berdagang, kerja sosial, dan bahkan merampok. Semua itu tergantung bagaimana seseorang mendefinisikan kesuksesan itu sendiri.

Pendidikan tidak hanya didapatkan melalui sekolah. Pendidikan dapat diperoleh dengan pengalaman. Alam raya bisa menjadi guru terbaik manusia, guru dari segala guru. Namun, dengan bersekolah manusia sesungguhnya diarahkan untuk mempelajari apa yang penting bagi kebanyakan orang. Bersama alam manusia tidak hanya mempelajari, tetapi juga memahami secara dalam bagaimana sesuatu bisa bekerja dan apa yang menjadi hukum alam sesungguhnya.

Pendidikan juga bisa didapat dengan cara membaca buku. Namun, mengapa pendidikan di sekolah begitu berarti dan menarik bagi kebanyakan masyarakat? Karena di sana terdapat nilai sosial yang tinggi, dan di sanalah terdapat pembentukan karakter manusia berdasarkan lingkungan yang akademis. Sayangnya, tidak jarang dari mereka yang lulus dari sekolah menjadi seseorang yang busuk seperti oknum politisi dan oknum polisi. Di sekolah seorang siswa akan berkenalan dengan anaknya orang penting, dan akan mengenal sebagian siswa yang akan menjadi orang sukses jika ditakdirkan oleh Tuhan. Kita yang bersekolah pasti lebih mengenal banyak orang sukses ketimbang orang yang tidak sekolah, dan zaman sekarang kesuksesan adalah link dan relasi. Inilah yang menjadi alasan kenapa orang tua rela menyekolahkan anaknya dengan mengorbankan banyak harta.

Jadi rangkuman kali ini adalah bahwa pendidikan:

  • Dapat diperoleh melalui alam
  • Dapat diperoleh melalui membaca buku
  • Merupakan alat meraih kesuksesan dan kebahagiaan
  • Merupakan hak semua orang karena kebanyakan orang bisa belajar sendiri kecuali dia gila

Akhir kata, pendidikan di sekolah bukanlah hal yang buruk meskipun menyebalkan! Efeknya baru terasa ketika kita telah menjadi lulusan, paling tidak, sarjana. Teruslah belajar dan praktekan!

Artikel di atas belum ada komentar. Jadilah komentator petama di artikel ini..

* Wajib diisi.