Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Asumsi dan ilmu (2)

Mungkin orang akan berargumen bahwa kedua peneliti ini adalah peneliti sosial dan memang hal ini lebih berpengaruh pada bidang sosial daripada penelitian ilmiah. Namun demikian ilmuan alam juga tidak akan lepas dari pengaruh asumsi ini. Misalnya saja sebuah penelitian yang menghasilkan bukti mengenai benda yang bisa bergerak melampaui kecepatan cahaya dan bisa bergerak ke masa lalu.

Sikap ilmuwan menanggapi penafsiran akan teori itu bisa beragam. Bisa jadi mereka yang optimis langsung setuju dan mendukung teori itu, mereka yang tidak mempercayai hal itu bisa jadi memfokuskan pada kelemahan-kelemahan percobaan itu. Ilmuan yang menganut String theory akan berselisih paham dengan yang tidak sepaham dengan aliran ini.

Dengan kata lain ilmuan alam juga telah memiliki asumsi di dalam interpretasinya atas percobaan itu. Belum lagi asumsi yang ada sebelum percobaan dimana seorang ilmuan memilih penelitian dan cara-cara penelitian itu. Sebagaimana ditunjukkan dalam percobaan merebus air yang disebutkan sebelumnya.

Karena itulah ilmuan memiliki hipotesis. Hipotesis adalah tesis awal yang digunakan sebelum melakukan percobaan. Dengan menyadari hipotesis awal inilah seorang ilmuan mengawali penelitiannya. Dia menunjukkan misalnya kenapa dia mencoba penelitian ini, dari mana idenya, bagaimana hasilnya, kira-kira akan membuktikan apa, apakah membenarkan sesuatu atau malah menyalahkannya. Ini bisa digunakan pula untuk menghindari ilmuan melakukan penelitian-penelitian yang tidak berguna, juga membuat ilmuan menyadari asumsi-asumsi yang dimilikinya. Juga mempermudah membuat proposal penelitian.

Jika ditilik kembali mungkin ada dari kalian yang beranggapan bahwa masalah ini merupakan masalah palsu. Toh bagaimanapun, itu ilmuan tetap menghasilkan ilmu pengetahuan. Sebenarnya masalahnya adalah dengan tidak menyadari asumsinya ilmuan bisa terjebak pada dogmatisme dan tirani pengetahuan.

Artikel di atas belum ada komentar. Jadilah komentator petama di artikel ini..

* Wajib diisi.