Direktori Filsafat dan Manajemen

Filsafat dan manajemen jadi satu
Tujuan, Ciri, Metode, dan Kurikulum Anarkisme Pendidikan

Penganut anarkisme pada umumnya menerima sistem penyelidikan eksperimental yang terbuka (pembuktian pengetahuan melalui penalaran ilmiah) sama halnya dengan pendidik liberal dan liberasionis, atau menerima prakiraan-prakiraan yang dianggap selaras dengan sistem pendidikan semacam itu.

Foto Paul Goodman

Paul Goodman

Perbedaannya terletak pada anggapan pendidik anarkisme yang menganggap bahwa kita harus menekankan perlunya meminimalkan dan atau menghapuskan pembatasan-pembatasan kelembagaan terhadap perilaku personal, bahwa kita mesti, sejauh mungkin yang bisa kita lakukan mendeinstitusinalisasikan masyarakat, membuat masyarakat bebas-lembaga.

Bagi mereka, pendekatan terbaik terhadap pendidikan adalah pendekatan yang mengupayakan untuk mempercepat perombakan humanistik berskala besar yang mendesak dalam masyarakat, dengan cara menghapuskan sistem persekolahan. Pemikiran-pemikiran semacam ini terpancar dalam pemikiran-pemikiran Ivan Illich dan Paul Goodman.

Foto Ivan Illich

Ivan Illich

Sudut pandang anarkisme pendidikan meliputi berbagai posisi yang merentang dari anarkisme taktis, yang ingin melebur sekolah-sekolah sebagai cara untuk membebaskan kekayaan dan sumberdaya (yang terpakai di sana) untuk keperluan-keperluan sosial yang mendesak, hingga ke anarkisme utopis, yang memimpikan terciptanya masyarakat yang secara permanen terbebaskan dari segala pembatasan kelembagaan.

Berikut ini adalah daftar isi dari makalah Anarkisme Pendidikan.

  • Tujuan Pendidikan Secara Keseluruhan
  • Tujuan-tujuan Sekolah
  • Ciri-ciri umum Anarkisme Pendidikan
  • Anak sebagai Pembelajar
  • Administrasi dan Pengendalian
  • Sifat-sifat Hakikat Kurikulum
  • Metode-metode Pengajaran dan Penilaian Hasil belajar
  • Kendali di Ruang Kelas

Anda bisa membuka makalah Anarkisme Pendidikan oleh Mr. Amin ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang isi dari masing-masing poin dari daftar isi di atas.

Artikel di atas belum ada komentar. Jadilah komentator petama di artikel ini..

* Wajib diisi.