Pengertian Brand Awareness Beserta Contohnya

Definisi brand awareness adalah kondisi seseorang atau sekelompok orang yang sudah mengenal atau tahu suatu merek, produk, atau jasa. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia brand awareness itu adalah kesadaran terhadap merek. Namun, istilah kesadaran terhadap merek merupakan istilah yang tidak lazim, betul? Lebih enak menggunakan istilah kenal merek atau tahu merek saja untuk mendeskripsikan brand awareness dalam bahasa Indonesia.

Kenal terhadap suatu merek, produk, atau jasa tidak mengimplikasikan bahwa seseorang sudah memakai produk atau jasa suatu merek. Tidak harus sikat gigi menggunakan pasta gigi Pepsodent kalau ingin mengenal Pepsodent. Tidak perlu pacaran kalau hanya ingin sekedar sayang.

Identifikasi Brand Awareness

Bagaimana cara mengidentifikasi bahwa orang sudah aware atau kenal merek tertentu? Mudah saja, berikut adalah tiga pertanyaan brand awareness yang dapat diajukan untuk mengidentifikasi brand awareness.

  • Apakah Anda pernah melihat merek X?
  • Apakah Anda tahu merek X?
  • Apa produk atau jasa yang ditawarkan oleh merek X?

Menurut saya utamanya cukup ketiga di atas saja, kalau punya pertanyaan lain silakan masukkan ke dalam komentar. Nanti masukkan dari Anda akan saya tambahkan jika memang sesuai.

Volume Brand Awareness

Apa syarat suatu merek dapat dikatakan memiliki brand awareness yang tinggi? Jawabannya adalah ketika sebagian konsumen dalam target pasar sudah mengetahui merek tersebut. Hal ini berkaitan dengan volume atau jumlah dalam target pasar.

Contohnya, total addressable market (TAM) produk pasta gigi itu sangat besar, katakanlah sebesar seluruh penduduk Indonesia yaitu sekitar 270 juta orang, karena hampir semua orang di Indonesia menyikat giginya. Ketika hanya 1 juta orang yang tahu merek Pepsodent apakah dapat dikatakan bahwa brand awareness-nya tinggi? Tentu saja tidak tinggi karena perbandingannya 1:270.

Dapat pula dikatakan bahwa brand awareness-nya tinggi ketika Pepsodent yang dikenal oleh 1 juta orang dibandingkan dengan Enzime yang hanya dikenal oleh 500 ribu orang. Jadi tinggi rendahnya brand awareness ini relatif terhadap volume TAM yang dapat diraih pada suatu target market dan relatif terhadap volume brand awareness kompetitor.

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Belum ada tanggapan untuk “Pengertian Brand Awareness Beserta Contohnya”

Silakan Beri Komentar